Thursday 22 December 2016

Kelebihan dan Kekurangan Browser Chrome

2 comments
Masih dalam kategori browser, kali ini Chrome-lah yang jadi peran utamanya. jika sebelumnya saya sudah share tentang Kelebihan dan Kekurangan Mozilla Firefox, nah kali ini saya akan share lagi tentang Kelebihan dan Kekurangan Chrome. 
Chrome logo


Sama seperti Mozilla, Browser besutan google ini juga merupakan top browser yang sudah sangat dikenal dan sangat banyak dipakai pengguna internet. Chrome yang pertama kali diluncurkan pada 2 September 2008 (dalam versi beta), kini sudah hampir digunakan oleh seluruh pengguna internet.


Nah daripada kebanyakan intro gak penting, langsung aja nih topik utamanya


Kelebihan Chrome Browser

  • Minimalist Interface

    User interface yang minimalist alias sederhana yang dimiliki Chrome membuatnya tampak elegan dan mudah dipahami bagi para pemula. Dan tentunya dengan tampilannya yang minimalist tersebut membuat browser ini lebih kencang dalam hal performance.
    Chrome UI

  •  Web Aplication

    Fitur ini memungkinkan pengguna membuat sebuah shortcut di desktop yang tertuju pada salah satu aplikasi di google chrome misalnya Gmail shortcut yang ketika dibuka akan membuka gmail melalui chrome dengan otomatis dan efisien.
    web aplication
  •  Penggunaan RAM lebih kecil

    Jika kita cek penggunaan RAM antara Chrome dan Firefox, maka yang memenangkan hal tersebut adalah browser besutan google yaitu Chrome. Seperti yang terlihat dalam screenshot dibawah, kalkulasi dari pecahan used Ram oleh Chrome adalah 277.132 k dan hal itu lebih kecil dari penggunaan tunggal mozilla yang berada pada kisaran 300.000 k keatas.
    penggunaan RAM Chrome dan Firefox
  •  Tersinkronisasi dengan akun Google

    Karena memang Chrome ada dibawah naungna google jadi hal seperti ini bukan hal aneh. So hal ini dapat memudahkan anda dengan hanya sekali log in akun google, anda dapat langsung membuka seluruh fitur google dengan akun anda tersebut. Misalnya gmail, blogger, youtube dll.
    chrome account
  •  Friendly Bookmark toolbar

    Fitur ini merupakan kelebihan lainnya dari Chrome dibanding Firefox hal ini karena toolbar bookmark pada chrome akan otomatis muncul di tab baru yang kosong dan akan hilang ketika tab tersebut sudah loading menuju sebuah web. berbeda dengan firefox yang harus melakukan hal tersebut secara manual.
    chrome toolbar
  •  Chrome store

    Chrome store menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk web browser Chrome anda misalnya add-ons dan tema namun tidak hanya itu saja, di chrome store juga menyediakan berbagai macam aplikasi.
    chrome store
  •  DinoChrome(Chrome Tyrex Runner)

    DinoChrome merupakan sebuah game yang akna muncul apabila komputer anda tidak terkoneksi dengan internet. so, bagi yang sering hilang koneksi game ini merupakan jalan terbaik untuk menghilangkan stres anda. meskipun gamenya cukup sederhana, namun mengasyikkan juga.
    Tyrex runner chrome
  • Anti Penipuan

    Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA

 Kekurangan Chrome Browser

  •  Extensions

    Chrome tidak mendukung banyak extensions yang dapat membuat kinerja browser lebih baik sehingga kinerja chromepun terbatas pada extensions yang didukungnya saja.
    chrome extensions
  •  Privasi

    Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana” dan ini akan rentan terhadap serangan hacker.
  •  Tab History

    Jika dibandingkan dengan Mozilla, maka pada point ini mozilla firefoxlah pemenangnya menurut saya. Jika ingin menampilkan history pada chrome, kita harus menuju tab baru yang khusus menampilkan history saja.
    chrome history



Sekian dulu info kelebihan dan kekurangnnya kali ini, seperti biasa saya mohon maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan dan jangan lupa komennya agar dapat diperbaiki kedepannya.
Thanks




2 comments :