Wednesday 26 August 2015

Kelebihan dan Kekurangan Linux

1 comment
Linux logo
Seperti biasanya, Admin akan lebih dahulu memberikan sedikit pembukaan sebelum menuju inti yang pada postingan ini berupa kelebihan dan kekurangan system operasi Linux.

Nah pada pembukaan kali ini Admin akan sedikit memberikan pengetahuan tentang linux. dimulai dari pembuatnya yaitu Linux Torvarld kemudian kita beralih ke turunan linux yang diantaranya seperti Debian, red, Ubuntu,android dll.

sebelumnya baca juga Kelebihan pes 2016
Segitu saja pembukaan kali ini ya!! langsung saja kita masuk ke inti dari postingan ini yaitu:

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Linux

  1. Sifat yang pastinya paling disukai orang dari OS ini adalah sifatnya yang open source dan gratis.
  2. Dalam hal keamanan, OS Linux dapat dikatakan unggul daripada OS lainnya karena sifatnya yang multiuser, artinya: apabila virus menyerang salah satu user Linux, maka sangat kecil kemungkinan virus tersebut akan menyebar ke user lain.
  3. Linux dapat mendukung akses hingga 33 macam sistem file yang jenisnya berbeda, diantaranya adalah sistem file FAT16, FAT32 (dari DOS), HPFS (OS/2), VFAT (Win), Minix, UFS (Solaris), SCO,Xenix, Novell, dll.
    tampilan desktop linux
    ss Desktop linux
  4. Resource yang diperlukan linux lebih kecil daripada resource windows, jadi linux cocok untuk komputer spek rendah.
  5. Linux memiliki banyak komunitas yang beredar di internet jadi tidak perlu khawatir jika anda memiliki masalah ringan dengan sistem linux.
  6. Kelebihan OS Linux adalah memiliki grafis antarmuka (GUI) seperti sistem operasi modern lainnya. Pada interface grafisnya disebut dengan X-Window System, berbeda dengan X-Windows. Interface tersebut juga hadir dalam pilihan tampilan yang cukup bervariasi dan dinamis.
  7. Linux akan meminta persetujuan reboot(restart) sesaat setelah melakuakn instalasi program, tidak seperti os lainnya yang biasanya akan otomatis merestart komputer.

 

Kekurangan Linux

  1. Banyak aplikasi/software bagus yang tidak mendukung sistem operasi Linux
    Kekurangan linux
  2. hampir sama seperti kekurangan diatas, kekurangan yang satu ini berupa banyak hardware yang tidak mendukung OS linux untuk dipasang. untuk melihat hardware yang mendukung linux dapat anda kunjungi www.linux-drivers.org
  3. Instalasi yang lumayan susah.
  4. Rata-rata orang masih belum terbiasa dengan system OS Linux.
Demikian pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan OS Linux. semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1 comment :