Friday 21 August 2015

Kelebihan dan kekurangan Android 6.0 ( Marshmallow)

1 comment
android 6.0 logo

17 Agustus merupakan hari spesial, karena pada hari itu merupakan hari proklamasi kemerdekaan indonesia. Tapi,tepat pada 17 Agustus kemarin juga ada berita menarik nih dari pihak Google. Beritanya, pihak Google telah meliris versi Android terbarunya yaitu versi 6.0 yang diberi nama Android Marshmallow. 


Namun, versi yang dirilis kemarin bukan versi untuk konsumen, melainkan versi final preview bagi para ahli-ahli saja. Hal tersebut bertujuan untuk menyempurnakan lagi fitur-fitur dari android versi teranyar tersebut.



Dalam versi preview  tersebut, pihak android telah memberikan kelebihan berupa fitur baru yang akan saya jelaskan disini. untuk kekurangan dari android 6.0 tersebut belum bisa dijabarkan karena berhubung versi yang baru dirilis adalah versi preview yang masih akan banyak mengalami perkembangan.

berikut kelebihan Android Marshmallow yang berupa penambahan fitur-fitur baru.
  • App permisions
Fitur ini berupa penyesuaian izin aplikasi yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan pengguna. misalnya kita tidak mengizinkan aplikasi whatsapp untuk menngunakan kamera, maka aplikasi tersebut otomatis tidak dapat menggunakan kamera smartphone kita.

screenshoot app permision android Marshmallow


  • Doze (power saving)
Fitur power saving mungkin sudah ada sejak android sebelumnya, namun pada Android Marshmallow fitur ini sudah lebih baik dalam menyimpan tenaga pada baterai smartphone kita. Ketika ponsel berada dalam mode siaga (idle) yang cukup lama, sistem akan membawa ponsel ke dalam mode tidur yang lebih dalam. Tentu ini akan menambah waktu siaga yang lebih lama dan penggunaan baterai yang lebih irit.

Doze android marshmallow


  • Track memory
fitur ini akan membatu pengguna untuk melihat aplikasi mana saja yang paling sering memakan memory besar. Dengan adanya fitur ini pengguna tidak perlu lagi menghapus aplikasi di recent apps, tentu ini membuat RAM semakin lega. 


Track memory android Marshmallow


  • Auto-backup 
dengan fitur ini jika pengguna ingin berganti ponsel maka tidak perlu lagi mengatur ulang dari awal aplikasi yang pernah dipakai. Dengan fitur ini pengguna dapat menyimpan aplikasi yang sebelumnya ke Google Drive, namun dengan catatan ukuran file tidak lebih dari 25MB. Jika pengguna ingin mengembalikan pengaturan profil diponsel sebelumnya, pengguna hanya tinggal me-restore profil yang telah tersimpan.
  • Penambahan koleksi walpaper
untuk walpaper berikut saya berikan 3 screenshotnya untuk yang lainnya dapat anda tes langsug di Android marshmallow preview atau dapat anda search di google.

walpaper Android marshmallow

  • Pembaruan tampilan Boot animation
Untuk boot animation dapat  anda lihat pada video berikut:


  • cara cepat masuk ke system UI Tuner

Kelebihan yang sudah saya jabarkan diatas tidaklah mutlak melainkan kelebihan sementara Android marshmallow. kelebihan tersebut dapat bertambah ataupun berkurang menurut kebijakan dari pihak Google. jadi, saya akan berusah selalu update untuk kelebihan dan kekurangan Android Marshmallow tersebut.
terimakasih 

tags:
fitur baru android 6.0, fitur baru android Marsmallow, kelebihan android m, kekurangan android marshmallow, Kelebihan android Marshmallow, Kekurangan android Marshmallow, Android Marhmallow

1 comment :